Kamis. 07 Juli 2011, perundingan Mediasi I yang dilakukan antara PC FSPLEM sebagai kuasa subtitusi / pendamping atas nama PUK PT. Cabinindo melawan Manajemen PT. Cabinindo di Disnaker Kab. Bekasi, berlangsung alot dan penuh perdebatan. Disnaker dalam hal ini di pimpin oleh Ibu A Dewi Kora, SE sebagai mediator memberikan kesempatan kepada masing-masing peserta sidang untuk menyampaikan opininya masing-masing terkait dua ( 2 ) gugatan Mediasi yang di ajukan oleh PC FSPLEM sebagai kuasa pendamping dari



PUK FSPLEM PT. Cabinindo, antara lain adalah mengenai pasal Hak berunding atas penentuan Upah berkala dan Ketentuan jam kerja di anut oleh PT. Cabinindo dengan 5 hari kerja yang tercantum dalam draft kesepakatan PKB yang belum mencapai titik final kesepakatan secara total karena masih adanya pasal yang belum mencapai ttitik temu antara perwakilan pekerja dengan perwakilan perusahaan.



Pada Mediasi I ini PC FSPLEM di wakili oleh Sdr. A. Haris,SE., Sdr. Warnadi, dan Sdr. Denny. Sedangkan perwakilan PUK di pimpin Oleh Sdr. Imam yang menjabat sebagai Ka. PUK sekaligus Ketua Tim Perunding PKB. Sementara untuk Manajemen PT. Cabinindo di wakili oleh HR Manager, Bpk. Edi.R dan Bpk. Sukardi yang menjabat sebagai Supervisor Produksi.


Perundingan sempat keras dan dikaburkan oleh perwakilan manajemen, yang mengatakan bahwasanya sebenarnya PKB ini sudah disepakati oleh Tim Perunding PKB sebelumnya pada Februari 2010 lalu, namun terhambat untuk segera dilaksanakan dikarenakan ada pihak III dalam hal ini PC FSPLEM SPSI Kab./Kota Bekasi yang telah memprovokasi makna dan isi pasal PKB tersebut, sehingga PUK PT. Cabinindo merundingkan ulang perihal pasal tentang hak perundingan Upah dan ketentuan jam kerja pada hari sabtu.


Kondisi dan situasi perundingan tersebut, terutama kalimat dan opini yang di lontarkan oleh perwakilan manajemen PT. Cabinindo yang disampaikan oleh Bpk. sukardi tentunya membuat situasi perundingan menjadi tidak kondusif, dan pada akhirnya tidak mencapai kesepakatan apapun dari 2 ( dua ) pasal tersebut yang menjadi gugatan untuk di mediasi di tingkat Mediator. Perwakilan PC. FSPLEM Kab./kota bekasi mengharapkan pihak manajemen dari PT. Cabinindo harus belajar banyak dulu tentang UU ketenagakerjaan terutama tentang hak berunding bagi SP/SB yang telah di atur dalam Ketentuan Konvensi ILO No. 98 dan hak berunding atas upah yang diatur dalam ketentuan Permen 01/1999, ps. 14 ayat.3, dikarenakan konsep bargaining yang di lakukan oleh Pihak manajemen dari PT. Cabinindo selalu mengutamakan opini kapitalis yang dipaksakan tanpa memperhatikan hak buruh/pekerja yang dilindungi UU. Perundingan mediasi II akan di lanjutkan pada tgl. 20 Juli 2011, dengan bahasan dan materi  yang sama.


Tetap semangat kawan-kawan PUK FSPLEM PT. Cabinindo, kebenaran dan hak nourmatif harus di jaga dan jangan terkalahkan oleh opini  kedikatoran yang menciptakan kebodohan bagi pekerja/buruh.


Salam perjuangan dari seluruh anggota FSPLEM KSPSI Kab./Kota Bekasi. Hidup Buruh...Hidup Pekerja.....

Ada 15 Komentar Untuk Berita ini

Tulis Komentar

Ganti text
Masukan Kode diatas

List Komentar

Pada tanggal 11 April 2012

aray lem, berkomentar :

bung tolong beritanya di up date terus jangan putus,biar semua tau perkembangannya

Pada tanggal 17 November 2011

wewenk, berkomentar :

Jaga terus semangat perjuangan mu kawan.....lawan kebathilan dan pembodohan dari Manajemen Cabinindo....biasa lah kalo sudah diatas suka lupa asal usul nya dulu dari mana ...trus lawan ...

Pada tanggal 04 September 2011

Yosep U.K, berkomentar :

Sorry, agak telat nih komennya, Ini akibat dari rendahnya pemahaman manajemen terhadap UU Ketenagakerjaan atau juga memang sengaja / pura-pura tidak tahu. Kejadian ini harus dilawan bung! Ini adalah bagian dari skenario "Union busting" ( pemberangusan pergerakan Serikat Buruh ) Maju terus bung, pantang mundur! Perubahan tidak akan terjadi tanpa ada perjuangan & pengorbanan. Tetap jaga semangat & kekompakan!

Pada tanggal 21 Juli 2011

REZZA LEM, berkomentar :

Penghinaan terhadap lembaga Organisasi SP LEM berati penghinaan terhadap kami seluruh elemen LEM..harus kita lawan..kami tunggu komandonya..

Pada tanggal 21 Juli 2011

Forum Komunikasi Serikat Pekerja/Serikat Buruh Bekasi, berkomentar :

Kalo Management CABININDO masih arogan kita hancurkan saja seperti KANEFUSA...lawan..siapkan barisan dan tunggu komando..

Kontak Informasi

Komplek Pemda Bekasi
JL. Ahmad Yani No. 1
Tlp : +62-21 99776295
HP : 081584658233
Fax: +62-21 8853948
E-mail: info@fsplem-bekasi.or.id