Ribuan buruh Indonesia merayakan Hari Buruh Internasional atau May Day, Minggu (01/05) di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta.Mereka menyerukan adanya kepastian jaminan sosial bagi para buruh di Indonesia. Sambil meneriakan yel-yel perjuangan seperti “Hidup Buruh” dan “Berikan Hak-Hak Buruh,” mereka berpawai menuju Istana Negara. 


Ketua Serikat Buruh Indonesia Jabotabek, Sutrisno Sastromiharjo mengatakan kepada BBC Indonesia bahwa hak sosial buruh di Indonesia semakin memburuk dalam beberapa tahun terakhir ini.

“Problem buruh dari tahun ke tahun belum pernah ada jawaban, yang sangat vital pun belum ada jawaban. Saat ini kami hanya menjadi alat produksi,” ujar Sustrino.

Beberapa permasalahan yang masih dipikul buruh Indonesia menurut Sustrisno antara lain pemutusan hubungan kerja secara pihak yang telah “dilegitimasi”, hak kesehatan dan praktik outsourcing.

“Praktek outsourcing adalah penyamaran hak pekerja Indonesia, karena menyebabkan ketidakpastian dalam pekerjaan dan perusahaan dibebaskan dari kewajiban memenuhi hak sosial pekerja” ujar Sustrisno.

Unjukrasa buruh juga dilaporkan berlangsung di beberapa kota besar Indonesia seperti di Surabaya dan Makassar.

Sementara itu menurut seorang staff Istana Negara, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan meninjau dua pabrik di kawasan Bogor untuk memperingati Hari Buruh

Ada 3 Komentar Untuk Berita ini

Tulis Komentar

Ganti text
Masukan Kode diatas

List Komentar

Pada tanggal 14 Mei 2012

aray lem, berkomentar :

Merdekakan buruh,hapus penjajahan gaya modern tetapi siapa yang mau bertanggung jawab ??????????? Bersatulah semua elemen buruh karena ini adalah tugas bersama kita!! Wahai kawan-kawan pejuang kesejahteraan bangkitlah berjuang!!

Kontak Informasi

Komplek Pemda Bekasi
JL. Ahmad Yani No. 1
Tlp : +62-21 99776295
HP : 081584658233
Fax: +62-21 8853948
E-mail: info@fsplem-bekasi.or.id